Skip to content Skip to footer

Sukarman

Kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Lisnani

Dosen Tetap

Ria Triayomi

Dosen Tetap

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menyelenggarakan perkuliahan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis keilmuan, dan karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar. Lulusan Program Studi PGSD juga dibekali dengan perkuliahan praktik sejak semester III hingga semester VII seperti Praktik Kepramukaan, Bimbingan Belajar Kelas Rendah, Bimbingan Belajar Kelas Tinggi, Program Pengakraban Lingkungan, dan Magang. Di samping mata kuliah praktik, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan berbahasa Inggris, pembelajaran
berbasis ICT (Information, Communication, and Technology) dan mendongeng. Selain itu lulusan juga dibekali dengan soft skills kemampuan berkomunikasi dan berorganisasi lewat kewajiban mengumpulkan Satuan Apresiasi Kegiatan Mahasiswa (SAKM) yang mencerminkan kemampuan mahasiswa di bidang penalaran, dan organisasi serta mampu menginternalisasi nilai-nilai CHAMPION (Charity, Humanity, Altruism, Managing Capacity, Persistence, Integrity, Open-Minded, Novelty).

Visi

(Tahun 2030) Menjadi Program Studi yang unggul dalam mempersiapkan pendidik berkompeten dalam bidang pendidikan dasar, siap berkarya dan mengabdi

Misi

  • Menyelenggarakan pembelajaran yang sesuai dengan empat kompetensi guru
  • Melaksanakan penelitian yang berkontribusi pada pendidikan dasar
  • Melaksanakan pengabdian yang berhubungan dengan pendidikan dasar

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang pendidikan dasar
  • Menghasilkan lulusan yang siap berkarya dan mengabdi
  • Menghasilkan penelitian yang kontributif pada dunia pendidikan dasar

Sasaran

  • Rata-rata IPK lulusan 3,00
  • Pada tahun 2030, 80 % lulusan terserap menjadi guru SD
  • Rata-rata waktu tunggu lulusan 1 tahun
  • Pada tahun 2030, 20% lulusan terserap pada daerah 3 T (terdepan, terluar, tertinggal)
  • Penelitian dosen yang dimuat dalam jurnal nasional terakreditasi, minimal 6 judul per tahun
  • Penelitian dosen yang dimuat dalam jurnal internasional terakreditasi minimal 1 judul per tahun
  • Sekurang-kurangnya 6 pengabdian kepada masyarakat per tahun
  • Mitra kerjasama baik lokal, regional, maupun nasional mencapai sekurang-kurangnya 20 mitra kerjasama

Strategi

  • Memotivasi mahasiswa melalui program inisiasi, AYO Project, Integrity weekend, seminar. Pelatihan, workshop setiap tahun
  • Meningkatkan peran dosen Pembimbing Akademik dalam memotivasi mahasiswa
  • Dosen Pembimbing Akademik mengkomunikasikan dengan dosen lain mengenai kesulitan yang dialami mahasiswa dan mencarikan solusi
  • Menyelenggarakan kuliah dalam kelas maksimal 20 mahasiswa oleh tim dosen. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan intensitas interaksi dosen dan mahasiswa
  • Memberikan pelayanan tentir, kelompok belajar ( tutor sebaya). Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kegagalan studi
  • Membuka kelas semester pendek, untuk setiap matakuliah yang terdapat mahasiswa bernilai kurang ( C dan D) atau tidak lulus (nilai E). Hal ini untuk menghindari mahasiswa tertunda kelulusannya. Kesempatan ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai
  • Melaksanakan praktik lapangan berjenjang, dimulai dengan kepramukaan (semester3), bimbingan belajar kelas tinggi ( semester 4), bimbingan belajar kelas rendah (semester 5), program pengakraban dengan lingkungan sekolah (Probaling, semester 6), Magang ( semester 7)
  • Memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Konsultasi dilakukan di lingkungan kampus
  • Setiap perkuliahan dosen memotivasi mahasiswa untuk memiliki semangat pelayanan
  • Mahasiswa menyadari bahwa menjadi guru merupakan suatu panggilan
  • Dosen melakukan penelitian yang sesuai/relevan dengan bidang pendidikan dasar
  • Dosen melakukan pengabdian yang sesuai/relevan dengan bidang pendidikan dasar
  • Dosen kolaborasi dengan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat
  • Mengarahkan tugas-tugas/paper/skripsi mahasiswa ke topik/tema bidang pendidikan dasar
  • Menyelenggarakan seminar lokal, regional, nasional, maupun internasional
  • Mengikuti seminar lokal , regional, nasional,maupun internasional
  • Menjalin kerjasama dengan sekolah mitra baik local, regional, nasional, maupuninternasional